Bahasa · My Blabber Side · My Chaotic Philosophy

Ketika Seorang Apatis Bicara Politik

Saya bukan apatis sih sebenernya… Tapi bukan berarti juga saya aktivis. Saya cuma orang sok tahu yang hobi mikirin banyak hal yang terkadang ngga ada hubungannya sama saya. Yah, sekali lagi, seperti sebelumnya, saya cuma mencoba mengeluarkan beberapa pemikiran saya (yang kadang emang nggak penting ini) secara singkat. And you’re right. Lagi-lagi ini tentang National Election nanti.

There’s something that iritating me from the very first start. Entah dari media apa pun itu, siapa pun orangnya, bagaimana pun cara penyampaiannya, saya mendapat kesan bahwa golput alias golongan putra, eh, golongan putih, alias engga milih siapa-siapa itu adalah hal yang SANGAAAAAAAAAAT salah dalam kancah per-pemilu-an di muka bumi. Ada beberapa media yang saya ikuti dan saya notice karena memang menyajikan hal-hal yang kita PERLUKAN (perhatikan penekanan dalam kata tersebut 😛 ). Tapi lama-kelamaan saya juga kecewa mendapati ternyata masih banyak sekali usaha pembentukan-pembentukan mindset yang salah dalam hal ini.

Baik, begini aja singkatnya, dari yang saya tangkap dari mereka semua, calon pemilih terbagi menjadi dua golongan:

GOLPUT dan GOL-ANTI-PUT.

Dimana GOL-ANTI-PUT adalah golongan teladan, berjasa bagi bangsa dan negara, baik hati, rajin belajar, gemar menabung, disayang orangtua, dan Insya-Allah-masuk-surga karena dianggap melek politik dan berani ambil sikap. Singkatnya, INILAH golongan yang diharapkan semua orang, (semua orang? semua calon maksudnya? :P)

Sementara GOLPUT alias Golongan Putih bersih bersinar sunlight adalah golongan hina-dina yang nggak pantes dijadikan contoh, nggak pantes diikutin, cuma bisa bikin rugi negara doang, mending-ke-laut-aje, (“GOLPUT? Ke laut ajeeee….” kata slogan suatu iklan).

Tapi sadar tidak sih, itu membentuk mindset orang-orang-yang-tidak-begitu-luas-pengetahuannya-tapi-pengen-berbuat-hal-baik-bagi-negara totally clueless? Salah-salah, mereka akan berpikir “Ya, golput itu haram. Makanya kalo negara mau maju mesti milih, siapa aja kek calonnya yang penting milih.”

Saya bukannya mau bersikap condong ke salah satu kubu, saya juga nggak berniat mempengaruhi anda atau apalah. Tapi instead of mengultimatum apa-apa yang benar antara GOLPUT dan GOL-ANTI-PUT, akan lebih baik mana dengan membaginya antara “Memilih Calon yang Benar dan Memilih Calon yang Tidak Benar” ?

Gini aja deh ya, kalo iya golput segitu hina-dina-nya, lantas apa dengan kita memilih begitu saja kita bisa yakin masa depan suatu negara akan segitu cerahnya? Tidaaaakkk. It depends on many things. Dan terutama depends on seberapa pintar kita memilih calon-calon tersebut. Maka dari itu, seharusnya bukan antara ‘Memilih atau Tidak Memilih’ yang kita permasalahkan, tapi antara ‘Memilih Calon yang Baik atau Tidak Memilih Calon yang Baik’.

Coba jawab saya, kira-kira mana yang lebih tepat:

  1. “KAUM MUDA, BERANI MEMILIH.” <– Yang artinya anak-anak muda nggak boleh golput. YANG PENTING NYOBLOS, REK!

atau,

  1. “KAUM MUDA, BERANI MEMILIH YANG BENAR.” <– yang artinya anak-anak muda harus bisa kritis untuk memilih calon-calon yang benar

Singkat kata, pernyataan kedua itu ibarat versi upgraded-nya pernyataan pertama kan? Nah, seperti itulah harusnya mindset Indonesia. Saya pernah bilang kan kita harus meng-upgrade negara kita di segala aspek mulai dari hal terkecil bernama ‘mindset’?

So temen-temen, memang saya bukan orang yang ngerti politik. Latar belakang saya bukan ilmu sosial sehingga saya mungkin nggak tau apa-apa tentang hal-hal yang berkenaan dengan bidang tersebut. Tapi satu hal yang saya yakini, sebagai warga negara yang baik kita diharapkan pintar-pintar memilih siapa yang nantinya akan memimpin dan mengemban suara kita. Jadi tolong, TOLONG BANGET, JANGAN berpatokan dengan masalah GOLPUT-ATAU-TIDAK-GOLPUT (sebuah masalah picik yang ternyata menjebak pemikiran hampir semua dari kita), tetapi berpatokanlah dengan masalah SIAPA-YANG-HARUS-DIPILIH.

VOTE OR NO VOTE?
WHO OR WHO NOT?

Make sure you knows anything about it before you take an act!

Leave a Reply

